Kamis, 05 November 2009

TIPS MENGHADAPI MASALAH ATAU KESULITAN

Tidak seorangpun di dunia ini yang tidak mempunyai masalah atau kesulitan. Setiap orang pasti pernah merasakan kesulitan, masalah dan kesedihan. Satu-satunya yang bisa membebaskan diri kita dari kesulitan adalah
diri kita sendiri yang berusaha dan berdoa kepada Allah. Orang lain hanya dapat memberi berbagai macam saran namun yang memutuskan tetaplah diri kita.


Menurut David G, tidak seorang pun ingin susah, namun kesulitan yang datang menimpa kita juga tidak bisa kita cegah.

untuk itu mari, kita baca tips


berikut ini untuk membantu memecahkan masalah.

1. Hadapi Kenyataan

Terimalah apa yang telah terjadi, hadapi yang sedang terjadi dan bersiaplah menghadapi kemungkinan yang bisa terjadi. Ini adalah langkah maju pertama dalam menghadapi kesulitan apapun jua. Ingatlah selalu, biasanya apa yang terjadi tidaklah seburuk yang mula-mula kita bayangkan.

2. Bertindaklah Semaksimal Mungkin

Tidak berbuat apa-apa, merasa diri demikian terpukul, dan menyerah merupakan tindakan yang merusak. Kita bisa dan harus melakukan sesuatu walau kecil sekalipun. Jangan membuang-buang waktu dengan tidak berbuat apa-apa. Cobalah percaya diri sendiri.

3. Tanyakan Pada Orang Yang Dianggap Ahli

Cobalah menilai persoalan tersebut dan minta nasihat pada yang ahli/ berpengalaman.Mintalah secara terus terang bantuan mereka sebaik mungkin. Jangan malu untuk meminta pertolongan pada orang lain.

4. Buatlah Keputusan Sendiri

Jangan melakukan hal yang gegabah, atau melakukan sesuatu atas tekanan orang lain. setelah mengumpulkan semua fakta dan menggunakan akal sehat sebaik-baiknya, buatlah keputusan yang perlu dan pertahankan dengan segala macam konsekuensi.

5. Sadarilah Keterbatasan Kita

Kita semua memiliki keterbatasan, bahkan orang yang paling pandai sekalipun. Banyak waktu dan energi akan terbuang percuma jika kita tidak mampu mengukur keterbatasan kita, apakah itu bakat, keterampilan, kesempatan, sumber penghasilan, keberanian, kesabaran atau apapun jua.

6. Lihat Segi Positifnya


Jangan abaikan karunia yang kita peroleh, bagaimanapun di dunia ini yang selalu ditimpa kesulitan. Cobalah jika tidak percaya, tuliskan semua keuntungn dan kelebihan yang bisa kita ingat. Lalu tuliskan juga kesulitan atau kesedihan yang dapat kita ingat. Lalu bandingkan mana yang lebih dominan kesenangan atau kesedihan.

7. Coba introspeksi Diri

Cobalah introspeksi diri kita, karena mungkin saja kesulitan atau masalah yang kita hadapi disebabkan karena sikap kita sendiri. Mungkin ada sikap atau perkataan kita yang menzalimi orang lain, atau mungkin juga belakangan ini kita sering lalai mengingat Allah, lalu Allah memberikan masalah untuk menegur kita sehingga kita dapat sering-sering introspeksi diri.

8. Serahkan/kembalikan Semua Pada Allah


setelah kita berusaha segala macam cara untuk mengatasi masalah/kesulitan kita namun belum juga berhasil maka serahkan hal tersebut kepada Allah. Karena Allah yang lebih tahu kenapa Allah memberi kita kesulitan seperti itu. Karena setiap peristiwa pasti ada hikmahnya. Walaupun terkadang hikmah tersebut baru dapat kita rasakan setelah beberapa lama kemudian.

Akhirnya mudah-mudahan tips ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan jangan pernah lepas dari memohon pertolongan kepada Allah, baik dikala susah maupun dikala senang. Wallahu a'lam (dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar Anda di sini :

Join 4Shared Now!

Selamat datang di blog ini

Assalamu'alaikum wr.wb.

Terimakasih atas kunjungan anda di blog saya ini.

Dalam rangka menambah wawasan keilmuan dan mempererat ukhuwah Islamiah serta meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, di blog yang sederhana ini akan sedikit berbagi pengetahuan dan pengalaman. Untuk itu bagi rekan-rekan pengunjung silahkan memberikan komentarnya ataupun punya pengetahuan yang tentunya bermanfaat bagi kita semua, silahkan klik judul postingan yang anda butuhkan lalu tambahkan komentar di bawah postingan.